Siapa bilang ide quota untuk Taxol itu buruk?

Taxi online adalah perwujudan suatu konsep bisnis sharing-economy. Pada dasarnya ada perusahaan applikasi (bisa transportasi, hotel, atau lainnya) yang mencoba untuk mempertemukan konsumen dan penyedia jasa. Idealnya, pasar ini tercipta karena ada ekses/kelebihan sumber daya. Daripada mobil tidak termanfaatkan mengapa tidak dijadikan alat produksi.

Dari situ, marilah kita melihat sharing-economy ini sebagai model business yang tidak adil untuk negara berkembang seperti kita. Pelaku sharing economy ini pada praktiknya bukan orang yang memiliki excess sumberdaya. Mereka menjadikan sharing economy ini sebagai pekerjaan utama. Mereka kelas buruh yang dipaksa untuk jadi self-employer. Pendapatannya sekelas buruh tapi resikonya seperti pengusaha tanpa punya perlindungan ketenagakerjaan. Suram.

Ditengah minimnya pendapatan dan ketiadaan perlindungan ketenaga kerjaan, mereka harus berebut konsumen. Sasaran mereka tentu kelas menengah atas.

Konsumen kelas menengah atas ini ternyata pelit banget. Agak malu melihat mereka begitu sensitif terhadap harga. Jadilah perlombaannya menurunkan harga. Makin susah driver Taxol kita. Fakta hari ini, banyak mobil-mobil yang ditarik leasing gegara drivernya tidak mampu lagi buat bayar cicilan.

Sebagai mitra mereka ngga punya power untuk menentukan sistem “bagi hasil” yang menguntungkan. Mitranya kan cuma di atas kertas. Pada akhirnya driver Taxol ini memang jadi sapi perahan. Perusahaan untung, konsumen untung tapi driver dan pemerintah rugi.

Di mana ruginya pemerintah? Dengan taxol memenuhi jalan-jalan maka ini adalah beban bagi pemerintah. Ada macet. Ada beban pelayanan terkait dengan penggunaan jalan. Banyak.

Lebih dari itu, pemerintah juga tidak dapat pajak apa-apa dari driver Taxol. Duit pajak dari perusahaan applikasinya juga masih diperselisihkan. Rugi bandar deh.

Suatu kebijakan pemerintah yang landasannya adalah keadilan tentu akan mencari keseimbangan baru. Konsumen dikurangi sedikit untungnya demikian juga dengan pengusaha. Drivernya diberi kesempatan untuk dapat keuntungan. Dalam short term ini selalu zero sum game. Long termnya yang kita bisa untung bareng-bareng.

Dalam konteks mencari keseimbangan itu saya melihat sistem quota bagi Taxol sebagai sesuatu yang menarik.

Pertanyaan pentingnya, pada siapa quota ini diberikan? Pilihannya adalah apakah quota itu diberikan pada driver taxol atau perusahaan applikasi?

Saya mau taat azas. Quotanya harus diberikan pada driver Taxol. Katanya mereka pengusaha toh? Jadi lisensi itu melekat pada si driver. Bukan pada perusahaan applikasi. Mereka bisa pindah perusahaan untuk memilih yang terbaik bagi mereka. Bargaining driver pada perusahaan juga meningkat. Mereka tidak mudah diberhentikan. Belum tentu perusahaan bisa dapat ganti. Cakeup.

Kita akan melihat profesi driver Taxol ini sebagai sesuatu yang tidak main-main. Karena toh akhirnya kita menyadari driver Taxol itu bukan pekerjaan sampingan atau hiburan.

Dengan adanya lisensi itu sebenarnya konsumen juga diuntungkan. Driver taxol juga lebih bisa diawasi untuk kepentingan keselamatan dan keamanan penumpang. Negara yang jamin. Karena lisensi itu diberikan oleh negara.

Namun kalau anda orang yang ngga suka dengan campur tangan negara ya mari buat suatu organisasi profesi. Seperti dokter dan pengacara. Mereka sama self employernya dengan driver Taxol.

Dalam konteks pasar bebas, tidak harus ada isu lagi. Tiga kekuatan pasar yakni konsumen, perusahaan applikasi dan driver semua memiliki kekuatan menawar untuk membentuk harga.

Jadi gimana? Masih tidak tertarik dengan sistem quota? 🙂

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s